apa yang dimaksud dengan PMS? ini jawabannya.

img Jakarta – Wanita sebelum menstruasi suka merasakan nyeri payudara serta cenderung emosional. Mereka sering menyebut gejala yang timbul sebelum haid ialah Premenstrual Syndrome atau PMS. Apa benar itu yang dinamakan PMS?
Seperti yang dilansir dari WebMD, PMS adalah beragam gejala yang terjadi sebelum menstruasi. The American College of Obstetrics dan Gynecology mendefinisikan bahwa PMS merupakan tanda-tanda fisik yang cukup mengganggu serta bersifat konsisten sebelum masa ‘datang bulan’. Dalam arti, gejala tersebut timbul setiap bulan sebelum haid.

Seolah membenarkan pernyataan itu, Sylvia D Elvira selaku dokter dari departemen psikiatri Fakultas Kesehatan Unversitas Indonesia mengatakan bahwa PMS adalah gejala atau sakit yang timbul sebelum periode menstruasi dan terjadi setiap bulan.

“Yang dimaksud dengan PMS jika mengalami gejalanya selama tiga bulan berturut-turut. Jadi kalau bulan ini sakit tapi bulan depan tidak maka tidak bisa disebut dengan PMS,” ujar dr. Sylvia, SpKJ(K), yang dikutip dari detikhealth beberapa hari lalu.

Silvia menambahkan, gejala yang dimaksud bisa berupa fisik ataupun psikis. Gejala fisik yang dialami oleh wanita PMS umumnya merasa kembung, pusing, atau payudara mengencang. Adapun gejala yang timbul secara psikis seperti sedih, putus asa, cemas, dan mudah tersinggung. Bila ingin mengetahui apa penyebab PMS, tunggu artikelnya di wolipop hari ini.

Apa Anda merasakan gejala tersebut sebelum menstruasi? Jika iya dan selalu terjadi setiap bulan itu yang dinamakan PMS.

 

Sumber : http://wolipop.detik.com/read/2013/01/15/080821/2142188/1135/sebenarnya-apa-yang-dimaksud-premenstrual-syndrome

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s