Pelopor Mode Tanah Air Peter Sie Wafat

Peter Sie (Foto: Google) DUNIA mode Tanah Air kembali berkabung. Belum reda duka ditinggalkan maestro batik Indonesia, Iwan Tirta pada Agustus 2010 lalu, kini dunia mode kembali dikejutkan dengan wafatnya perancang terkemuka dan pelopor mode Indonesia Peter Sie, Jumat (1/4/2011) sekira pukul 05.00 WIB di usia 82 tahun.

Kabar meninggalnya perancang legendaris Indonesia ini dibenarkan kurator Amir Sidharta lewat akun Twitter-nya Senirupa.

“RIP Peter Sie meninggal dunia pagi ini jam 5, akan disemayamkan di Rumah Duka RS Cikini, info pemakaman menyusul,” tulis Amir.

Lahir dengan nama Sie Tiam Ie, pria kelahiran Bogor, 28 Desember 1929 itu sejak kecil sudah memiliki ketertarikan yang begitu tinggi dengan dunia jahit-menjahit. Dia memelajari dunia jahit di Belanda pada 1947–1953.

Kembali ke Indonesia, dia segera merintis kariernya sebagai penjahit. Saat itu langganannya adalah nyonya-nyonya Tionghoa di sekitar rumahnya di Mangga Besar, Jakarta. Empat tahun kemudian dia mulai membuat sketsa-sketsa dan pada tahun berikutnya Sie berpameran di Hotel Des Indes (kini pertokoan Duta Merlin).

Tahun 1974, Peter sempat mengalami krisis saat tidak seorang pun langganan yang muncul. Atas saran salah seorang anggota stafnya, dia mulai membuat beberapa buah baju untuk setiap rancangan. Sie bangkit untuk menjadi sukses dan karyanya yang dihargai tinggi digemari pelanggannya.

Oleh sejumlah kalangan, Sie kini dianggap sebagai perintis mode Indonesia. Dia absen dari dunia mode sejak akhir 1980-an, namun pada 2001 mengadakan pameran yang menampilkan sejumlah rancangan-rancangan lamanya serta meluncurkan otobiografinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s