HATI – HATI !! KUPON UNDIAN PALSU ATAS NAMA PT SINARMAS INDONESIA

Penipuan dengan modus kupon berhadiah semakin marak akhir-akhir ini. Kupon hadiah palsu yang tadinya ditemukan dalam kemasan produk (kopi, snack, deterjen dll), sekarang kupon tersebut malah  sengaja di cecer di depan toko atau jalan-jalan. Oleh karena itu, apabila menemukan kupon undian berhadiah seperti ini sebaiknya tetap waspada.

Secara tidak sengaja, tadi sore saya menemukan kupon berhadiah ini di depan toko saya. Kupon ini masih bersampul plastik rapi dan seperti tercecer begitu saja. Setelah dibuka, isinya ada tiga lembar kertas, kertas kecil bertuliskan “SELAMAT!!! ANDA MENDAPATKAN  1 UNIT MOBIL NISSAN MARCH”. Kupon tersebut merupakan kupon undian untuk program “Tarik Tissuenya, Asyik Hadiahnya” yang diselenggarakan PT Sinarmas Indonesia, produsen tissue Paseo, Nice, Jolly dan Toply.
Bersama dengan kupon tersebut disertakan dua lembar kertas kecil. Kertas pertama merupakan “Surat Ketetapan Pajak Daerah” yang berisi pernyataan kelengkapan kendaraan hadiah palsu tersebut seperti Nomor Polisi Nama pemilik yang langsung ditujukan kepada PT. Sinarmas Indonesia beserta alamat serta merk, jenis lengkap dengan semua identitas kendaraan. disisi kertas ini tidak dicantumkan keterangan wajib pajak seperti pada umumnya terdapat pada surat ketetapan pajak kendaraan bermotor, disisi bawah Surat ini terdapat beberapa tanda tangan yang mengatasnamakan Pihak Berwenang yang mengurus Pajak ini.
Lembar kertas lainnya berupa “Surat Pemberitahuan Pemenang”. Pada lembar tersebut tertera bertuliskan “ASLI” serta syarat dan ketentuan pengambilan hadiah. Untuk pengambilan hadiah kita disuruh menghubungi nomor 021 40674907 atau 082333888372  (nomor ini bisa berbeda-beda) untuk konfirmasi hadiah. Dijelaskan pula bahwa pajak hadiah Mobil Nissan March tersebut ditanggung oleh pihak promo. Kita hanya perlu membayar  administrasi Biaya Balik Nama (BBN) Surat-surat kendaraan tersebut
Saya tidak begitu saja percaya dengan kupon undian ini karena sebelumnya saya juga telah menemukan berbagai jenis kupon tersebut dalam berbagai bentuk kemudian saya mencari informasi di google dan menemukan fanpage Paseo Tissue yang menjadi salah satu produk dari PT. SINARMAS INDONESIA. Pada fanpage tersebut sudah banyak pengaduan tentang penipuan yang mengatasnamakan PT Sinarmas Group/Indonesia. Pada fanpage tersebut dijelaskan juga bahwa nomor hotline promo “Tarik Tissuenya, Asyik Hadiahnya” adalah 021 5785 3665, bukan nomer yang tertera di atas yaitu 021 40674907 atau 082333888372.  Dijelaskan juga bahwa promo ini sudah berakhir sejak 31 Desember 2011. Info selengkapnya dapat di lihat di DISINI. 
Sebenarnya dengan melihat bentuk dan juga kualitas kupon, saya bisa dengan mudah menebak bahwa kupon ini adalah penipuan dengan ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Kupon dicetak dengan kualitas rendah. Menggunakan printer tinta suntik murahan dan kertas A4s 70 gsm
  2. Nomor telepon yang diberikan adalah nomor handphone, padahal sangat jarang atau bahkan mustahil suatu perusahaan nasional mencantumkan nomor handphone sebagai nomor suara konsumen.
Demikian sekedar info bagi teman-teman semua agar tidak tertipu oleh kupon undian palsu dan lebih berhati-hati untuk kedepannya. Semoga bermanfaat dan tetap waspada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s